welcome to my blog

WELCOME TO MY BLOG

Senin, 17 November 2014

MACROMEDIA FLASH


                              SEJARAH MACROMEDIA FLASH

              Sejarah flash dapat di telusuri kembali  ke tahun 1980-an ,ketika siswa SMA jonathan gay menggunakan computer apple II yang sudah tua umurnya , untuk membuat gambar program computer.Dia mengajukan dan mengikut sertakan  program yang di kenal sebagai Superpaint dalam pameran sains sekolah . Setelah dia menang program buatan  nya menarik perhatian bagi pengembang software local Charlie Jackson.  Jakson sedang dalam proses memulai sebuah perusahaan  yang di kenal sabagai Silicon Pantai Software ,  yang akan menghsilkan program untuk jenis computer Macintosh . Dengan sedikit dana yang tersedia untuk mempekerjakan para pengembang ber[egalaman ,jackson gay di sewa untuk membantu menciptakan program – program nya.



PELUNCURAN FUTURE WAVE
        Gay bekerja di silicon beach sampai akhir kuliah. Ian mengembangkan sejumlah permainan computer untuk perusahaan,termasuk yang popular “Dark Castle” dan juga sebuah program ilustrasi yang di sebut Intellidraw.Dengan menggunakan keterampilan grafis animasi nya  ,lalu ia belajar mengembangkan program – program nya ,Gay memutuskan untuk memulai perusahaan nya sendiri dan membuat perangkat lunak untuk computer pena /pen (sebuah tablet elektronik yang bias di pakai untuk menulis dengan pena khusus ). Ia mendirikan Future Wave Software pada januari 19993 dengan segera membuat SmartSkect. Program ini memungkin kan pengguna untuk menggarbar secara elektronik pada computer mereka dan sedikit berhasil , karena Gay terlambat masuk ke pasar tersebut sehingga salah saingan dengan senior – senior nya.



MEMBUAT FLASH
   Pada tahun 1995, para pengembang di Future Wave menyadari potensi untuk menggunakan animasi SmartSkect sebagai alat.Pada waktu itu internet dan world wide web adalah konsep yang relative baru.Gay dan tim nya menambah kan fitur animasi dan java pada SmartSkect nya yang menamai  nya sebagai Future splash Animator .Program ini merupakan versi pertama dari program flash yang kita  gunakan saat ini .Sebelum peluncuran Futuresplash , Gay memutuskan dia akan lebih sukses  jika bermitra dengan perusahaan yang lebih besar.Dia berbicara dengan Adobe  dan fractal Designs.Tetapi mereka berdua tertarik dan berkesan dengan program buatan jonathan Gay.

 MACROMEDIA
  Futeure Splash  animator yang begitu sukses di pasar computer dan Microsoft  mendekati para pengembang hanya dalam beberapa bulan dari rilis program tersebut. Microsoft merencanakan versi online dari MSN dan percaya bahwa futuresplash  akan memberikan kualitas grafis terhalus dan tertinggi . Disney online juga menggunakan program tersebut untuk mengembangkan situe mereka. Pada bulan November 1996 Macromedia menawarkan untuk membeli program  dan pada bulan desember Gay menerimanya . Macromedia memmendekkan nama produk tersebut  menjadi flash dan memmpekerjakan Jonathan Gay sebagai Technology Vice President.


ADOBE
   Selama decade berikut nya ,Macromedia merilis versi delapan flash. Pada tahun 2005 ,program ini sudah di lengkapi dengan berbagai fitur / tool untuk melakukan streaming music dan video dan secar luas digunakan untuk berbagai aplikasi animasi dan grafis . Pada akhir tahun 2005 Adobe systems mengakui sisi Macromedia , termasuk program Flash mereka yang telah berjalan lebih dari satu tahun decade sebelumnya .
Pada tahun 2007 ,Adobe meluncurkan  versi baru yang dikenal sebagai Flash CS3 ,yang dimulai sebagai  bagian dari Adobe Creative Suite Paket.
Flash lahir dari kepala seseorang bernama Jonathan Gay. Jon yang geek gemar menulis game dan membuat animasi di komputer. Ia menciptakan game Mac Airborne! tahun 1985, ketika ia masih duduk di bangku sekolah.




PENGERTIAN FLASH

Flash adalah adalah salah satu software yang merupakan produk unggulan pembuat animasi gambar vektor yang sangat diminati saat ini. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension *.swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript.
Macromedia flash adalah sebuah program animasi yang telah banyak digunakan oleh para desainer untuk menghasilkan desain yang professional.

         
Riwayat produk sampai awal 2010
- Futuresplash Animator (10  April 1996)

- Flash 1(Desember 1996)

- Flash 2 (Juni 1997)

- Flash 3 (31 Mei 1998)

- Flash 4 (15 Juni 1999)

- Flash 5 (24 Agustus 2000)

- Flash MX (versi 6) (15 Maret 2002)

- Flash MX 2004 (versi 7) (9 September 2003) - ActionScript 2.0

- Flash MX 2004 (versi 7) (9 September 2003) - ActionScript 2.0

- Flash MX Professional 2004 (versi 7) (9 September 2003)

- Flash Basic 8 (13 September 2005)

- Flash Professional 8 (13 September 2005)

- Flash CS3 Professional (sebagai versi 9,16 April 2007) - ActionScript 3.0

- Flash CS4 Professional (sebagai versi 10, 15 Oktober 2008)

- Adobe Flash CS5 Professional (as version 11, to be released in spring of 2010, codenamed “Viper)


KEGUNAAN ,KELEBIHAN DAN KELEMAHAN MACROMEDIA FLASH

1.   KEGUNAAN MACROMEDIA FLASH
·        membuat presentasi
·        membuat aplikasi
·        membuat animasi
·        membuat konten video
·        membuat media-rich flash dengan mengkombinasikan unsur: gambar, suara, video, dan efek-efek khusus


1.   KELEBIHAN MACROMEDIA FLASH
  • Merupakan teknologi animasi web yang paling populer saat ini sehingga banyak didukung oleh berbagai pihak.
  • Ukuran file yang kecil dengan kualitas yang baik
  • Kebutuhan Hardware yang tidak tinggi
  • Dapat membuat website, cd-interaktif, animasi web, animasi kartun, kartu elektronik, iklan TV, banner di web, presentasi cantik, membuat permainan (game), aplikasi web dan handphone.
  • Dapat ditampilkan di banyak media seperti Web, CD-ROM, VCD, DVD, Televisi, Handphone dan PDA.
  •  Hasil akhir Flash memiliki ukuran yang lebih kecil (setelah dipublish)
  • Flash dapat mengimpor hampir semua gambar dan file-file audio sehingga dapat lebih hidup.
  • Animasi dapat dibentuk, dijalankan dan dikontrol
  • Gambar Flash tidak akan pecah meskipun di zoom beberapa kali karena gambar flash bersifat gambar vektor.
  • Hasil akhir dapat disimpan dalam berbagai macam bentuk seperti *.avi, *.gif, *.mov, maupun file dengan format

2.KELEMAHAN MACROMEDIA FLASH
·        Waktu belajarnya lama apalagi bagi yang belum pernah menggunakan
software desain grafis sebelumnya.

·         Grafisnya kurang lengkap.
·         Lambat login.
·         Kurang Simpel.
·         Menunya tidak user friendly.
·         Perlu banyak referensi tutorial.
·         Kurang dalam 3D. Pembuatan animasi 3D cukup sulit.
·         Bahasanya pemrogramannya agak susah.
·         Belum ada template di dalamnya.
·         Ukuran file besar.


TOOL DALAM MACROMEDIA FLASH
Toolbox adalah kumpulan tool – tool yang sering digunakan untuk melakukan seleksi, meggambar, memberi warna objek, memodifikasi objek, dan megatur besar kecil stage. Berikut komponen-komponen dalam tool box serta fungsi dan kegunaan nya


Kesimpulan
Dengan di buat nya makalah ini dapat disimpulkan  bahwa :
v Perkembangan macromedia flash berkembang sangat pesat.
v Macromedia flash dapat di gunakan dalam kehidupan sehari-hari.
v Macromedia flash bisa mempermudah pekerjaan.
v Macromedia flash bisa di gunakan dalam bidang bisnis, pendidikan ,dll.

DAFTAR PUSTAKA
·        http://www.adobe.com/macromedia/evens/john gay/page html
·        http://www.flash magazine.com/news/eletoyl/theflash history//

Tidak ada komentar:

Posting Komentar