SEJARAH MACROMEDIA FLASH
Sejarah flash dapat di telusuri
kembali ke tahun 1980-an ,ketika siswa
SMA jonathan gay menggunakan computer apple II yang sudah tua umurnya , untuk
membuat gambar program computer.Dia mengajukan dan mengikut sertakan program yang di kenal sebagai Superpaint
dalam pameran sains sekolah . Setelah dia menang program buatan nya menarik perhatian bagi pengembang
software local Charlie Jackson. Jakson
sedang dalam proses memulai sebuah perusahaan
yang di kenal sabagai Silicon Pantai Software , yang akan menghsilkan program untuk jenis
computer Macintosh . Dengan sedikit dana yang tersedia untuk mempekerjakan para
pengembang ber[egalaman ,jackson gay di sewa untuk membantu menciptakan program
– program nya.
PELUNCURAN FUTURE WAVE
Gay
bekerja di silicon beach sampai akhir kuliah. Ian mengembangkan sejumlah
permainan computer untuk perusahaan,termasuk yang popular “Dark Castle” dan
juga sebuah program ilustrasi yang di sebut Intellidraw.Dengan menggunakan
keterampilan grafis animasi nya ,lalu ia
belajar mengembangkan program – program nya ,Gay memutuskan untuk memulai
perusahaan nya sendiri dan membuat perangkat lunak untuk computer pena /pen
(sebuah tablet elektronik yang bias di pakai untuk menulis dengan pena khusus
). Ia mendirikan Future Wave Software pada januari 19993 dengan segera membuat
SmartSkect. Program ini memungkin kan pengguna untuk menggarbar secara
elektronik pada computer mereka dan sedikit berhasil , karena Gay terlambat
masuk ke pasar tersebut sehingga salah saingan dengan senior – senior nya.
MEMBUAT FLASH
Pada tahun 1995, para pengembang di Future Wave menyadari potensi untuk menggunakan animasi
SmartSkect sebagai alat.Pada waktu itu internet dan world wide web adalah
konsep yang relative baru.Gay dan tim nya menambah kan fitur animasi dan java
pada SmartSkect nya yang menamai nya
sebagai Future splash Animator .Program ini merupakan versi pertama dari
program flash yang kita gunakan saat ini
.Sebelum peluncuran Futuresplash , Gay memutuskan dia
akan lebih sukses jika bermitra dengan
perusahaan yang lebih besar.Dia berbicara dengan Adobe dan fractal
Designs.Tetapi mereka berdua tertarik dan berkesan dengan
program buatan jonathan Gay.
MACROMEDIA
Futeure Splash animator yang begitu sukses di pasar computer
dan Microsoft mendekati para pengembang
hanya dalam beberapa bulan dari rilis program tersebut. Microsoft merencanakan
versi online dari MSN dan percaya bahwa futuresplash akan memberikan kualitas grafis terhalus dan
tertinggi . Disney online juga menggunakan program tersebut untuk mengembangkan
situe mereka. Pada bulan November 1996 Macromedia menawarkan untuk membeli
program dan pada bulan desember Gay
menerimanya . Macromedia memmendekkan nama produk tersebut menjadi flash dan memmpekerjakan Jonathan Gay
sebagai Technology Vice President.
ADOBE
Selama decade berikut nya
,Macromedia merilis versi delapan flash. Pada tahun 2005 ,program ini sudah di
lengkapi dengan berbagai fitur / tool untuk melakukan streaming music dan video
dan secar luas digunakan untuk berbagai aplikasi animasi dan grafis . Pada
akhir tahun 2005 Adobe systems mengakui sisi Macromedia , termasuk program
Flash mereka yang telah berjalan lebih dari satu tahun decade sebelumnya .
Pada tahun 2007 ,Adobe meluncurkan
versi baru yang dikenal sebagai Flash CS3 ,yang dimulai sebagai bagian dari Adobe Creative Suite Paket.
Flash lahir dari kepala seseorang
bernama Jonathan Gay. Jon yang geek gemar menulis game dan membuat animasi di
komputer. Ia menciptakan game Mac Airborne! tahun 1985, ketika ia masih duduk
di bangku sekolah.
PENGERTIAN FLASH
Flash adalah adalah salah satu
software yang merupakan produk unggulan pembuat animasi gambar vektor yang
sangat diminati saat ini. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini
mempunyai file extension *.swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah
dipasangi Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama
ActionScript.
Macromedia
flash adalah sebuah program animasi yang telah banyak digunakan oleh para
desainer untuk menghasilkan desain yang professional.
Riwayat produk sampai awal
2010
- Futuresplash Animator (10 April
1996)
- Flash 1(Desember 1996)
- Flash 2 (Juni 1997)
- Flash 3 (31 Mei 1998)
- Flash 4 (15 Juni 1999)
- Flash 5 (24 Agustus 2000)
- Flash MX (versi 6) (15
Maret 2002)
- Flash MX 2004 (versi
7) (9 September 2003) - ActionScript 2.0
- Flash MX 2004 (versi
7) (9 September 2003) - ActionScript 2.0
- Flash MX Professional
2004 (versi 7) (9 September 2003)
- Flash Basic 8 (13
September 2005)
- Flash Professional 8
(13 September 2005)
- Flash CS3 Professional
(sebagai versi 9,16 April 2007) - ActionScript 3.0
- Flash CS4 Professional
(sebagai versi 10, 15 Oktober 2008)
- Adobe Flash CS5
Professional (as version 11, to be released in spring of 2010, codenamed
“Viper)
KEGUNAAN ,KELEBIHAN DAN KELEMAHAN MACROMEDIA FLASH
1.
KEGUNAAN MACROMEDIA
FLASH
· membuat presentasi
· membuat aplikasi
· membuat animasi
· membuat konten video
· membuat media-rich
flash dengan mengkombinasikan unsur: gambar, suara, video, dan efek-efek khusus
1. KELEBIHAN MACROMEDIA FLASH
- Merupakan teknologi animasi web yang paling populer saat ini sehingga banyak didukung oleh berbagai pihak.
- Ukuran file yang kecil dengan kualitas yang baik
- Kebutuhan Hardware yang tidak tinggi
- Dapat membuat website, cd-interaktif, animasi web, animasi kartun, kartu elektronik, iklan TV, banner di web, presentasi cantik, membuat permainan (game), aplikasi web dan handphone.
- Dapat ditampilkan di banyak media seperti Web, CD-ROM, VCD, DVD, Televisi, Handphone dan PDA.
- Hasil akhir Flash memiliki ukuran yang lebih kecil (setelah dipublish)
- Flash dapat mengimpor hampir semua gambar dan file-file audio sehingga dapat lebih hidup.
- Animasi dapat dibentuk, dijalankan dan dikontrol
- Gambar Flash tidak akan pecah meskipun di zoom beberapa kali karena gambar flash bersifat gambar vektor.
- Hasil akhir dapat disimpan dalam berbagai macam bentuk seperti *.avi, *.gif, *.mov, maupun file dengan format
2.KELEMAHAN MACROMEDIA FLASH
· Waktu belajarnya lama
apalagi bagi yang belum pernah menggunakan
software desain grafis sebelumnya.
· Grafisnya kurang lengkap.
· Lambat login.
· Kurang Simpel.
· Menunya tidak user friendly.
· Perlu banyak referensi tutorial.
· Kurang dalam 3D. Pembuatan animasi 3D cukup
sulit.
· Bahasanya pemrogramannya agak susah.
· Belum ada template di dalamnya.
· Ukuran file besar.
TOOL DALAM MACROMEDIA FLASH
Toolbox adalah kumpulan tool – tool yang sering digunakan untuk melakukan
seleksi, meggambar, memberi warna objek, memodifikasi objek, dan megatur besar
kecil stage. Berikut komponen-komponen dalam tool box serta fungsi dan kegunaan
nya
Kesimpulan
Dengan di buat nya makalah ini
dapat disimpulkan bahwa :
v Perkembangan macromedia flash berkembang sangat pesat.
v Macromedia flash dapat di gunakan dalam kehidupan sehari-hari.
v Macromedia flash bisa mempermudah pekerjaan.
v Macromedia flash bisa di gunakan dalam bidang bisnis, pendidikan ,dll.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar